Valerie Holstein, Ibu Pembelajar

Entrepreneurship / 27 May 2010

Kalangan Sendiri

Valerie Holstein, Ibu Pembelajar

Budhi Marpaung Official Writer
3511

Hamil delapan bulan dan memiliki seorang anak kecil, Valerie Holstein berjuang keras melakukan tugas di rumah. Tantangan yang paling membuat frustrasi: Apa yang harus dilakukan dengan semua kabel-kabel berat yang ada di dalam rumah mereka. Suaminya, Paul, bersama dengannya mencari solusi untuk mengatasi masalah yang sedang mereka hadapi. Berbagai toko dan website mereka kunjungi demi mendapatkan alat yang bisa membuat kabel-kabel-kabel besar di rumah mereka dapat tertata dengan baik, namun semuanya sia. Frustasi akan keadaan yang ada, akhirnya suami istri ini melakukan eksperimen, yakni dengan menciptakan alat mengatur kabel sendiri yakni dengan menggabungkan alat-alat seperti Velcro strip, penghubung kabel dan sebuah kawat tipis.

Ketika alat ini bekerja, Keluarga Holsteins mengetahui bahwa mereka sudah mendapat solusi tidak hanya untuk satu masalah yang sedang mereka hadapi saja. Valerie pun akhirnya mendapat ide untuk menjalankan bisnis rumahan yang akan membuat dirinya lebih leluasa untuk merawat bayi yang baru. Dengan investasi awal sekitar $ 30, mereka meluncurkan bisnis baru mereka, yakni sebuah situs web yang mereka namakan CableOrganizer.com, dimana disana mereka menjual produk-produk untuk mengatur kabel. Mereka mulai dengan menjual tiga jenis barang yang sama ketika digunakan untuk mengatur kabel komputer di rumah mereka sendiri.

Dengan memanfaatkan kemampuan yang mereka miliki masing-masing dimana sang istri adalah seorang perancang web dan grafis, dan sang suami adalah akuntan di perusahaan industri teknologi, keduanya bersama-sama membangun situs yang tergolong memakan biaya cukup murah.

"Ketika kami pertama kali memulai, seluruh usaha dijalankan dari garasi rumah kami, dan saya adalah satu-satunya karyawan," kenang Valerie. "Setiap hari saya harus menangani semua aspek bisnis dengan tidak melupakan peran sabagai seorang ibu."

Sekarang, tambahnya, harus diakui menjalankan bisnis sendiri membutuhkan usaha yang jauh lebih daripada yang diperkirakan. "Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pembukuan, pengiriman dan melayani pelanggan membuat saya benar-benar terkejut," katanya.

Dengan terus belajar dari suaminya, belajar dari buku bisnis dan manajemen, serta membaca kisah pengusaha besar yang berhasil menangani setiap tantangan di perusahaan mereka, Valerie mengaku semakin matang dalam mengelola CableOrganizer.com.   

Lewat pengalaman, ia juga menyadari akan pentingnya membangun hubungan. Meskipun dalam pikirannya dulu sebelum membangun usaha bahwa para vendor akan bersemangat untuk menjual produk mereka melalui saluran yang tersedia, namun sekarang ia tahu bahwa menjaga relasi adalah yang paling terpenting.

Hari Natal tahun 2002 adalah peristiwa yang tidak akan pernah Valerie dan Paul lupakan. Saat itu, usaha mereka yang masih seumur jagung memberikan asa untuk berkembang pesar. Pesanan dalam jumlah yang cukup besar dari sebuah perusahaan besar datang kepada mereka. Semenjak itu, perusahaan Valerie dan Paul selalu mendapatkan kebanjiran pesanan dari perusahaan-perusahaan lain yang membutuhkan produk mereka.  

Semakin berkembangnya CableOrganizer.com, pasangan suami ini akhirnya menggaji sejumlah karyawan tambahan seperti spesialis pemasaran, analis, penulis, dan desainer Web yang bisa menjadikan situs web mereka berkualitas tinggi. Selain bakat, Valerie memfokuskan diri pada mempekerjakan karyawan yang akan cocok untuk lingkungan kerja dan budaya perusahaan. "Sementara banyak orang memiliki apa yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan, namun lebih sulit untuk menemukan seseorang yang memiliki kemampuan baik dan kepribadian yang juga baik," kata Valerie. "Hal terakhir yang kami ingin lakukan adalah menyewa seorang individu yang dapat membuat seseorang mau bekerja dengan kami tanpa banyak tuntutan."

Seperti awal membangun perusahaan, Valerie mengatakan mereka tetap berlaku hemat dan konservatif. "Saya mencoba untuk menyimpan setiap sen untuk investasi masa depan perusahaan dan bersiap ketika kondisi tidak mengenakkan. Saya percaya pada perencanaan dan Rencana B. Saya mencoba untuk meminimalisir akibat atas hal-hal yang diluar kendali saya. Jika kompetisi mengintai, saya bereaksi, saya mengawasi sangat dekat pada kompetisi. "

Dan permainan bisnis ini tidak akan pernah berakhir. "Saat ini, perubahan yang kami lakukan bukanlah untuk bermewah-mewah, melainkan kebutuhan. Kami mencoba untuk proaktif dan bukan reaktif, terutama dalam strategi bisnis kami dan anggaran kami, "kata Valerie. "Kami berinvestasi dalam pendidikan berkelanjutan untuk menjaga semua orang di industri kami tetap fokus kepada visi yang kami telah tangkap sebelumnya. Saya juga melihat pesaing kami seperti elang untuk mengukur perubahan industri dan tren pasar. "

Meskipun kesuksesan yang ia raih bersama suami sudah cukup lama dirasakan, ia mengaku butuh waktu bertahun-tahun menyadari bahwa perusahaannya telah berkembang maju. Pada tahun 2007, Valerie dinominasikan sebagai finalis pada ajang Stevie Award untuk kategori Perempuan dalam Bisnis. "Saat saya berada di New York, bertemu dengan kelompok para pengusaha muda seperti saya, saya tidak hanya merasa shock, tapi juga memiliki arti, untuk pertama kalinya, bahwa saya benar-benar berhasil. Sungguh menakjubkan bagaimana usaha yang kita lakukan bertahun-tahun akhirnya dihargai."

Valerie dan Paul memiliki dua orang anak, yakni Mallory yang berusia 4 tahun dan Emma yang barus berusia 6 bulan. CableOrganizer.com yang awalnya hanya menghasilkan pendapatan ratusan dollar Amerika Serikat pada awal bulan-bulan, kini telah tumbuh pesat. Pada tahun 2008, tercatat Valerie dan Paul meraup pendapatan dari CableOrganizer.com yakni  lebih dari $ 13 juta.

Sumber : Success Magazine
Halaman :
1

Ikuti Kami